Friday, January 12, 2018

Cara Menghindari Anak Dari Dampak Negatif Komputer

Kemajuan dan kecanggihan alat teknologi saat ini tentunya sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, alat teknologi komputer saat ini sangat berpengaruh di bidang pendidikan. Komputer merupakan salah satu alat teknologi yang dapat digunakan di berbagai macam bidang sudah di gunakan, terutama dibidang pendidikan, anak kecilpun saat ini sudah menjadi kebutuhan, nah, bagaimana kita sebagai orang tua untuk menghindari anak kita dari dampak negatif.? Karna komputer itu kalau digunakan untuk kebaikan maka akan bermanfaat baginya. Tapi komputer juga dapat digunakan untuk hal-hal negatif.
Cara Menghindari Anak Dari Dampak Negatif Komputer
Dampak Negatif Komputer

Cara menjaga anak kita dari dampak negatif adalah sebagai berikut:
  1. Salah satu dampak negatif adalah bermain game yang menonjolkan unsur-unsur seperti, kekerasan, dan agresivitas tanpa sepengetahuan orang tua, jadi untuk menghindari hal tersebut orang tua harus memantau anak nya saat bermain game di komputer. Alangkah lebih baiknya jika ada komputer di rumah jangan instal game yang berunsur merusak pikiran anak dan tingkahlaku anak.
  2. Karena terlalu sering bermain komputer anak-anak dapat kehilangan waktu untuk bermain dengan teman-temannya dan kehidupan sosialnya menjadi kurang seimbang. Nah, disini juga dibutuhkan dorongan orang tua untuk mengatur waktu bagi sianak supaya dia tidak lupa diri saat bermain komputer.
  3. Anak juga dapat menjadi malas membaca buku dan menulis karena banyak waktu yang dihabiskan di depan komputer, ini bisa menimbulkan prestasi anak di sekolah bisa menurun karena tugas-tugas yang tidak di selesaikan. Nah, disini orang tua harus menegur sianak yang berlama-lama di depan komputer.
  4. Akses negatif juga bisa didapatkan melalui internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet. Karena melalui internet berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain. Alangkah lebih baik nya orang tua, saat sianak bermain internet. Jaringan internetnya di batasi dengan jaringan internet khusus untuk anak. Jadi tidak ada unsur dewasa.

No comments:

Designed By YAYAKOM